Untad Didik Tenaga Dokter Untuk Kabupaten Pohuwato

Spread the love

OTOMAKASSAR, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah dalam penyediaan sumber daya manusia di bidang kedokteran.

Dalam kerja sama ini, Untad akan menyiapkan tenaga dokter yang akan ditempatkan ditempatkan di tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Pohuwato.

Penandatanganan kesepakatan kedua pihak dilakukan di ruang Rektorat Untad Palu pada Rabu, 12 April 2017. Untuk penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dijadwalkan akan dilaksanakan di Untad Palu pada 6 Mei mendatang.

Pada kesempatan menerima kunjungan delegasi Pemkab Pohuwato tersebut, Rektor Untad Muhammad Basir Cyio menyambut baik kedatangan jajaran Pemkab Pohuwato yang datang khusus ke Palu untuk bertemu dengan jajaran pimpinan Rektorat Untad.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan Untad untuk mendidik putra-putri terbaik Pohuwato untuk menimba ilmu kedokteran dan ilmu-lmu lainnya yakni pertanian, peternakan dan perikanan.

Khusus untuk tenaga dokter, paparnya, kebutuhan Kabupaten Pohuwato sangat tinggi guna menjangkau masyarakatnya yang selama ini minim tersentuh layanan kesehatan memadai lantaran terbatasnya tenaga dokter yang tersedia.

“Namun dengan adanya kerja sama ini, kami berharap masalah minimnya tenaga dokter dapat teratasi. Kami membuka diri kepada Untad untuk bisa menjalin kerja sama yang lebih luas lagi seperti penempatan mahasiswa untuk melakukan penelitian danpengabdian masyarakat,” ujar Djoni.

Kepala Bappeda Kabupaten Pohuwato, Irfan Saleh mengungkap saat ini dibutuhkan sedikitnya 13 tenaga dokter permanen yang nantinya akan dibiayai oleh APBD Pemkab Pohuwato.

“Sektor kesehatan menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian serius Pemkab, terutama mengatasi seringnya dokter di wilayah ini berpindah tugas ke daerah lain karena berbagai alasan,” ujarnya.

Kabupaten Pohuwato atau Kabupaten Pahuwato adalah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Boalemo. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 yang ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply