Trump Ancam Toyota dengan Pajak Impor Besar

Spread the love

OTOMAKASSAR – Pabrikan otomotif terbesar di dunia, Toyota Motor Corporation, menghadapi ancaman dari Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump terkait rencana investasinya di Meksiko.

Trump mengancam akan mengenakan pajak impor besar terhadap Toyota jika perusahaan mobil asal Jepang itu menjalankan rencana membangun pabrik di Meksiko untuk memproduksi mobil yang diekspor ke AS.

Investasi Mahal

“Toyota Motor bilang akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk memproduksi mobil Corolla untuk AS. NO WAY! Bangun pabrik di AS atau bayar pajak perbatasan besar,” kata Trump dalam cuitan di Twitter, serangan terakhirnya ke produsen automotif yang memilih berinvestasi di luar ketimbang di AS, sebagaimana dikutip dari antaranews.

Toyota pada November tahun lalu melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik mereka di Guanajuato, Meksiko tengah, yang dilaporkan membutuhkan investasi satu miliar dolar AS (setara Rp13,3 triliun).

Ford membatalkan rencana pembangunan pabrik di Meksiko senilai 1,6 miliar dolar AS dan akan meningkatkan produksi kendaraan listrik di Amerika Serikat, seiring dengan membaiknya iklim bisnis di bawah kepemimpinan presiden terpilih Donald Trump.

Di saat yang sama, Ford sedang menambah 700 lapangan pekerjaan baru di AS dan menginvestasikan 700 juta dolar AS dari dana yang semula dialokasikan untuk pembangunan pabrik di Meksiko untuk memperluas pabrik perakitan Flat Rock di Michigan.

Pengembangan pabrik dalam empat tahun ke depan itu bertujuan untuk pembangunan kendaraan listrik dan swakemudi.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply