Suzuki Hadirkan Kembali JIMNY Terbaru, Dibanderol Rp 285 Juta

Spread the love

OTOMAKASSAR, TANGERANG – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) luncurkan kendaraan legendaris JIMNY. Kendaraan offroad ini dibanderol Rp 285 juta. Peluncuran generasi ketiga JIMNY menjadi magnet penggemar JIMNY untuk “menyerbu” dan penasaran munculnya kembali JIMNY diajang pameran Gaikindo Internasional Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang.

Di Indonesia, JIMNY LI-50 4×4 generasi pertama lahir pada tahun 1979, padahal LI-50 diproduksi khusus untuk eksport termasuk Indonesia. Dalam perkembangannya, pada tahun 1976 Suzuki JIMNY LI-50 diup menjadi LI-80 dengan ditingkatkan kapasitas dan ukuran 4 silinder serta diproduksi secara lokal di Indonesia.

Suzuki Jimny didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang ke Indonesia dengan jumlah terbatas hanya 88 unit. Padahal yang sudah melakukan proses pemesanan (indent) sebanyak 205 unit. Karena unitnya terbatas, maka PT SIS mengalokasikan penjualan tiap provinsinya kebagian 3 unit untuk 34 kota se Indonesia. “Itu pun perlu proses diseleksi. JIMNY generasi terbaru ini dikeluarkan untuk mengobati kerinduan pencinta. Saat ini Suzuki menawarkan JIMNY secara eksklusif dengan edisi dan jumlah terbatas pula,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Director PT SIS.

Sebagai kendaraan mobil offroad, JIMNY didikenas dengan bodi yang ringkas agas tetap lincah ketika melewati berbagai kondisi jalan termasuk medan ekstrem sekalipun. Mobil offroad gunakan jarak sumbu roda hanya 2.250 mm dengan panjang keseluruhan bodi mencapai 3.695 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.705 mm serta lebar pijakan roda 1.365 mm.

Interior

Dimensi JIMNY yang ringkas, kabin dibuat untuk peroleh kenyaman. JIMNY manfaatkan transmisi otomatis dan gunakan sistem penggerak roda 4WD atau 2WD yang terdapat pada dasboard. Dengan kapasitas seat empat orang, jok penumpang dan pengendara gunakan material fabric yang dilengkapi head rest. Demikian jok yang sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman serta bagasi 50 : 50.

Mesin

Suzuki JIMNY gunakan mesin empat silinder dengan material alumunium, untuk hasilkan bobot lebih ringan dan efisien bahan bakar. JIMNY ditunjang mesin empat silinder DOHC / M13A, kapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup. Diameter ruang bakar 78 mm, piston 69,5 mm, kompresi 9,5 : 1.

Performa JIMNY yang handal hadirkan 82 PS, 5.500 rpm serta torsi 110 Nm 4.500 rpm. Harga Suzuki JIMNY dibanderol  Rp 285 juta untuk seri automatic (On the road Jabodetabek) dan tersedia dengan dua pilihan warna Superior White dan Bluish Black 3.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply