Keminfo Gelar Pelatihan Generasi Muda Anti Gaptek

Spread the love

 

OTOMAKASSAR.COM, MAKASSAR – Dibulan suci ramadan ini segala niat dan usaha, akan bernilai ibadah dimata Allah SWT.Memberi makan kaum dhuafa, beri sedekah dan mengajarkan pengetahuan adalah bernilai ibadah. Seperti halnya yang dilakukan Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Kementerian Informasi dan Komunikasi Kota Makassar, yang melaksanakan Pelatihan Literasi Galeri Internet Computer For Kids bagi sejumlahlembaga sosial dan pendidikan, Panti Asuhan dan Tahfidz Quran se Sulawesi Selatan bertujuan wujudkan generasimuda Anti Gagap Teknologi (GapTek) di Kantor Balai Besar Keminfo di Jalan Racing Center,Selasa (26/4/2022).

Sedikitnya 80-an peserta telah diberikan Pelatihan dan pengenalan tentang teknik dasar komputer dan Internet kepada anakpanti asuhan dan Tahfidz Quran se Sulsel. Mereka diperkenalkan komputer dan komponen-komponennya, pengenalan perangkatkeras dan lunak dari komputer itu sendiri. “Ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dasar komputer dan internet, sekaligus mengisi waktu bagi anak-anak dibulan ramadan ini,” kata Alam, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Literasi Galeri Internet

Seperti dikutip dihalaman BBPSDMP Kominfo Makassar, bahwa jajarannya menggelar pelatihan komputerdengan melibatkan peserta dari Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz masing-masing PantiAsuhan Nahdiyat, Santri Pondok YatimTahfidzul Qur’an Daarussa’adah (Tahfidz Gratis) dan Santri Sekolah Tahfidz Ali Bin Thalib.

Masih laman BBPSDMP tersebut, Pelatihan Galery Internet kali ini masih mengusung tema “Computer for Kids” dengan materi pelatihan terbagi menjadi 2, yakni pengenalan komputer dan belajar mengetik sepuluh jari. Kegiatan pelatihan compter for kids diadakan di aula kantor BBPSDMP Kominfo Makassar, Jalan Racing Centre II berjalan sukses. Selama di bulan suci Ramadhan ini kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak 3 sesi : Sesi 1, tanggal 25 April 2022, sesi 2, 26 April 2022 dan sesi 3,
27 April 2022 dimana masing–masing sesi terdiri dari 27 peserta. Jumlah keseluruhan peserta yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 81 orang.

Dalam kegiatan ini, anak-anak seolah-olah larut dalam dunia baru yang begitu seru. Tehnik pembelajaran berbasis aplikasi seperti PC Building Simulator dan berbagai aplikasi typing online yang disajikan dalam bentuk Games atau permainan membuat anak-anak belajar tetapi serasa sedang bermain game.  Meskipun sedang berpuasa, dengan keseruan tersebut, mereka seolah-olah
tidak ada yang merasa lapar. Beberapa anak-anak malah enggan pulang dan masih meminta untuk diikutkan lagi pada pelatihan selanjutnya.

Melalui pelatihan ini para peserta dibekali dengan pengetahuan dasar komputer sejak dini sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi komputer dengan baik. Pengetahuan yang diberikan mulai dari pengenalan komponen-komponen dasar computer dengan fungsi masing-masing. Panitia menyiapkan alat peraga berupa berupa
satu buah PC yang dapat dibongkar pasang sebagai alat praktek. Selain itu, peserta juga diajak untuk merasakan sensasi merakit PC dengan menggunakan PC Building Simulator.

Selain itu, materi pelatihan juga dilengkapi pembelajaran tentang perangkat lunak mulai dari system operasi, system aplikasi dan manajemen file atau folder. Mengakhiri pertemuan, para peserta diajak seru-seruan dengan beberapa quis dan perlombaan mengetik yang tentu saja membuat pelatihan ini semakin berkesan bagi anak-anak.

“Dapat mengetahui hal – hal yang dikomputer dan dapat belajar dengan baik dan mengetahui suatu ilmu mengenai komputer.  Semoga pelatihan seperti ini di akan lagi” Ucap Refaldhy salah satu peserta dalam pelatihan ini. Selain mendapat tanggapan positif dari anak-anak sebagai peserta, pengurus panti dan pondok tahfidz juga menuturkan hal yang senada.

“Kegiatan yang dilakukan kominfo sangat mengapresiasi karena anak – anak dan IT tidak bias dipisahkan dengan situasi yang serba teknologi. Semakin maju teknologi, anak – anak akan berpacu menyesuaikan diri dengan teknologi tersebut. Terima kasih support dan sumbangsih kominfo atas pelatihan yang diberikan kepada anak – anak kami dan semoga kominfo selalu ada bagi kami
yang memang tidak sanggup membayar Intruktur IT. Kominfo KEREN, Kominfo Jembatan mencerdaskan Generasi Milenial” tutur salah satu pengurus.  Tanggapan lainnya menyatakan bahwa kegiatan ini Keren dan sangat positif untuk peningkatan SDM putra putri bangsa familiar dengan teknologi terkini. Hanya saja perlu dipadatkan secara materi dan waktu. Kegiatan ini juga dinilai sangat inspiratif dan peduli terhadap perkembangan ilmu generasi muda terutama anak-anak pecinta Al Quran seraya mengucapkan terima kasih banyak kepada Kominfo yang telah menggelar acara yang cukup inspiratif (Wahyuni/Yusrianti Ponto)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply