Jurus Mempercepat Bisnis Gaya Surabaya

Spread the love

OTOMAKASSAR, JAKARTA – Lelah itu lenyap seketika saat senyum mengembang di wajah Pak Ardan. ”April harus jalan,” kata pengusaha tour dan travel yang memiliki ribuan agen di seluruh Indonesia itu setelah mengikuti pelatihan penggunaan webinar di studio W Academy, di kompleks perumahan Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan, Minggu malam.

Semula Pak Ardan dijadwalkan mengikuti pelatihan hari Sabtu sore. Tetapi saat bersamaan saya harus terbang ke Solo. Agenda kemudian digeser Minggu malam. ”Saya ikut pelatihan setelah Pak Joko datang dari Solo,” kata Pak Ardan.

Customer adalah raja. Begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, saya langsung meluncur ke studio. Pada saat yang hampir bersamaan, Pak Ardan berangkat dari kawasan Saharjo, Tebet. Kami tiba hampir bersamaan.

Seusai pelatihan, Pak Ardan meminta saya untuk segera mengajukan proposal pembuatan website berisi informasi seminar tour dan travel online dilengkapi sistem membership, sistem pembayaran online dan sistem registrasi seminar menggunakan number of meeting sebagai password.

Selain itu, Pak Ardan juga meminta pengajuan budget penyediaan perangkat seminar online dengan membangun studio permanen di kantor Surabaya, kantor Jakarta dan mobile studio.

”Saya ingin bisa mengisi seminar saat umroh atau berwisata di seluruh dunia,” kata pengusaha yang masih muda itu.

200 Kali Lipat

”Jangan lupa diajukan biaya technical support-nya. Teknisinya, adminnya dan operator sistemnya semua dari Wiramice saja,” kata Pak Ardan.

Pak Ardan yakin, pemanfaatan webinar akan mempercepat perkembangan bisnisnya. Sebab, keberhasilan bisnis tour dan travelnya sangat ditentukan kecepatan membangun keagenan yang dilakukan melalui seminar di berbagai kota.

”Kalau menggandalkan cara lama, saya harus menggelar 200 seminar untuk menjangkau 200 kota. Webinar memungkinkan saya menyelenggarakan sekali seminar untuk menjangkau agen-agen di 200 kota. Percepatan utnuk mendapatkan agen baru akan meningkat 200 kali lipat, jelas Pak Ardan.

Dalam bisnis, percepatan memang sangat penting. Pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu kuncinya.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply