Joko Widodo Optimis Penerapan Kendaraan Listrik Pada Tahun 2020

Spread the love

Joko Widodo Optimis Penerapan Kendaraan Listrik Pada Tahun 2020

OTOMAKASSAR.COM, JAKARTA : Presiden RI, Joko Widodo, resmi buka gelaran pameran Indlnesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Kamis (19/4). Pemerintah mendorong 20 persen kendaraan elektrical beredar di Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

Menurut Jokowi, infrastruktur dan teknologi kendaraan elektrical, sudah cukup memadai diterapkan. Apalagi, kendaraan elektrical lebih efisien dan ekonomis dan diterapkan secara massal, karena selain murah, biaya maintenance akan lebih ekonomis. “Yang pasti, perawatan dan maintenance kendaraan elektrical lebih murah, mudah dan hemat dibanding kendaraan konvensional,” kata Jokowi.

Joko Widodo, dalam sambutannya juga mengingatkan akan dampak penerapan kendaraan elektrical tersebut twrhadap dampak efiensi yang menggunakan robot dan eletrical lain, sehingga bisa jadi akan banyak lapangan kerja tergantikan robot.

Didamping Sekertaris Kabinet Kerja, Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan sejumlah Duta besar negara-negara sahabat, mengunjungi Hall C yang menampilkan sejumlah kendaraan elektrical karya anak bangsa dan kendaraan angkutan produk-produk pertanian.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri otomotif Indonesia tumbuh cukup pesat dgn kontribusi yg cukup signifikan pada perekonomian nasional. Pertumbuhan itu kata Airlangga, terlihat dari angka produksi kendaraan roda empat yang meningkat dari 1.177 juta unit pada 2016 meningkat 1.216 juta unit di 2017.

“Angka itu juga perkuat eksport unit kendaraan utuh (CBU) 231 ribu unit serta komponen sebanyak 81 juta pieces di 2017 meningkat dari 194 ribu unit CBU dan hanya 6,2 juta pieces komponen tahun 2016.

Pameran IIMS 2018 yang akan berlangsung 19 sd 29 April 2018 di JIExpo Kemayoran, ditargetkan 525 ribu pengunjung dan nilai transaksi Rp 3,3 Trilyun. “Digelaran ini diikuti 40 Agen Pemegang Merk (APM) dan beberapa diantaranya akan mwluncurkan produk unggulan terbaru,” kata Lili Oetama, Komisaris Utama PT Dyandra Promosindo.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply