Inilah Solusi Meeting dan Training Yang Efisien untuk Jaringan Hotel

Spread the love

OTOMAKASSAR – Hujan masih mengguyur ketika saya tiba di kantor Core Hotel, sebuah perusahaan penyedia jasa manajemen hotel di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Jumat pagi. Suasana kantor itu masih sepi.

Rupanya saya datang kepagian. Baru pukul 08.00. Sedangkan janji rapat dengan eksekutif perusahaan jasa manajemen hotel itu pukul 10.00.

Seorang office boy yang bertugas pagi itu dengan ramah menyambut di teras kantor. “Pak Joko ya?” tanyanya. Rupanya rencana kedatangan saya sudah sampai ke office boy kantor tersebut.

Sembari menyeruput secangkir kopi panas yang sedap, saya menyiapkan bahan presentasi tentang “live video conference system”. Sementara dua kru teknik saya mulai set-up hardware dan software webinar yang akan didemokan.

Tiga puluh menit kemudian, sistem webinar beroperasi. Pak Agus, direktur Core Hotel Management and Consultant, menjadi peserta dengan status satellite menggunakan perangkat smartphone. Karena menjadi satellite, Pak Agus bisa mengirim video, audio dan teks. Ada pun dua kru saya menjadi admin dan attendee. Saya sendiri menjadi host.

Komunikasi lintas arah pun berjalan lancar. Pak Agus saya lihat senyum-senyum selama ujicoba. “Ini sudah sesuai dengan kebutuhan kami,” kata Pak Agus seusai trial.

Sistem Webinar

Sebagai perusahaan penyedia jasa manajemen hotel, Pak Agus memang butuh sarana untuk berkomunikasi secara langsung dan interaktif yang handal.

Selama ini, komunikasi audio visual menggunakan platform one to one yang tersedia gratis. Platform ini menurut Pak Agus kurang menolong karena jumlah hotel yang dikelola puluhan. Semua hotel berbintang tiga ke atas. Hanya satu yang berstatus budget hotel.

“Kami butuh aplikasi yang bisa menghemat waktu untum menyelenggarakan meeting dan training internal sehingga produktivitas meningkat,” jelasnya.

Sistem webinar yang saya perkenalkan kepada Pak Agus bisa mengakomodasi hingga 200 orang. “Saya berharap perusahaan kami bisa segera menjalin kerjasama dengan Jagat Stream,” kata Pak Agus pada akhir pertemuan.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply