GAIKINDO Bidik Sulsel Target Pertumbuhan Otomotif

Spread the love

OTOMAKASSAR, MAKASSAR – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengatakan Sulawesi Selatan (Sulsel) masih menjadi target pertumbuhan otomotif di Indonesia Timur, karena Sulsel memiliki pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami trend peningkatan penjualan otomotif.  Hal itu dikatakan Freddy Sutrisno, Senior Advisor GAIKINDO dalam acara Konferensi Pers persiapan Pembukaan GIIAS Roadshow 2017 di Four Point, Seraton, Makassar, Selasa (9/5).

Ia mengatakan, tiga tahun terakhir Sulsel menunjukkan pertumbuhan otomotif yang stabil, bahkan trend pertumbuhannya alami peningkatan. Pada tahun 2014 misalnya angka pertumbuhan 2,5 persen, 2015 (3,6 persen) dan 2016 (3,6 persen). Semua itu kata Freddy, tunjang oleh pertumbuhan ekonomi Sulsel yang tumbuh di atas 7 persen.

“Trend penjualan otomotif di Sulsel alami peningkatan, GAIKINDO tetap bidik Sulsel sebagai target pertumbuhan otomotif, karena ditunjang angka pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang,” kata Freddy.

Senada disampaikan Sekretaris I GAIKINDO, Eddy Sumedi mengatakan trend pertumbuhan penjualan otomotif Sulsel dipicu kebijakan Pemerintah Daerah yang menurunkan tarif bea masuk dan biaya balik nama (BBN) kendaraan,dari tahun 2014 sebesar 12,5 persen, kini turun menjadi 10 persen pada tahun 2015. Dengan adanya penurunan itulah kata Eddy, Sulsel terus alami peningkatan pertumbuhan penjualan dalam beberapa tahun terakhir.

“GIIAS 2017 di Makassar merupakan seri perdana dari 5 seri yang digelar.  Kita harapkan GIIAS Makassar momentum untuk mendorong pertumbuhan otomotif di Sulsel, sebagai gerbang KTI,” harap Eddy.

Penurunan tarif itu kata Eddy, dinilai hal wajar dan cerminan Pemda Sulsel tanggap dalam upayanya memacu pertumbuhan daerahnya dengan memberi insentif seperti tarif biaya masuk kendaraan maupun BBN kendaraan. Sementara market share kendaraan di Sulsel, masih dikuasai Agen Pemegang Merk (APM) asal Jepang yakni Toyota dan Honda, serta dikuasai oleh segmen kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Data GAIKINDO menyebutkan, Jawa Barat masih menduduki peringkat pertama penjualan kendaraan bermotor terbesar di Indonesia
menyusul DKI Jakarta dan Jawa Timur masing-masing diurutan kedua dan ketiga serta Sulsel diperingkat ketujuh penjualan kendaraan terbesar di Indonesia.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply