Enrekang, Bisa Jadi Obyek Wisata Alternatif

Spread the love

OTOMAKASSAR.COM, MAKASSAR – Empat wisata unggulan di kabupaten Enrekang (Wisata Alam Cekong, Buttu Macca, Dante Pine dan Air Terjun Lewaja). Kabupaten yang bersebelahan dengan Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini menjadi tujuan alternatif sebelum kunjungi Tana Toraja.

Kabupaten Enrekang yang berjarak 300 km dari Ibukota Propinsi Sulsel. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.786,01 km² dan berpenduduk sebanyak ± 190.579 jiwa. Kabupaten yang terkenal dengan komoditi perkebunan kacang mente ini, juga terkenal obyek wisata alam.

“Meski tenggelam dengan ketenaran obyek wisata kebudayaan Tana Toraja, tetapi bukan mustahil obyek wisata Enrekang bisa menjadi wisata alternatif, karena keindahan alamnya. Sementara Tana Toraja sudah menjadi trade mark dengan wisata budaya,” kata Bahadar, Direktur Geda Nusa Tour dan Travel di Makassar, Selasa (18/6).

Menurut Bahadar, kedua daerah wisata ini memiliki kelebihan dan keunikan. Namun yang patut disyukuri, Kabupaten Enrekang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung kesejumlah obyek wisata di kabupaten Enrekang mengingat kedekatan geografi dengan Kabupaten Tana Toraja. Sehingga pelaku usaha wisata dan instansi terkait, perlu menjalin komunikasi dan kerjasama guna meraup devisa sektor wisata.

Sejumlah obyek wisata di kabupaten Enrekang adalah wisata alam Cekong, Buttu Macca, Dante Pine dan Air terjun Lewaja. Berikut uraian 4 obyek wisata di Kabupaten Enrekang :

1. Wisata Alam Cekong

Lokasi Bukit Cekong, terletak di Lamba Doko, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Ketinggian bukit Cekong capai 1.000 mdpl. Oleh, masyarakat setempat menyulap ketinggian bukin Cekong dengan menciptakan sejumlah wanaha diperbukitan itu. Sejumlah wahana itu antara lain Game Outbound, Flying Fox, Teras Pohon Anjungan Selfie dan Swing Extreme.

2. Buttu Macca

Panorama pegunungan dengan sungai mengalir di bawahnya, menjadi keindahan alam yang ditawarkan di Buttu Macca, Sulawesi Selatan. Daerah wisata alam ini memiliki konsep wisata foto bagi para pengunjung dengan latar kemegahan Gunung Nona dan Sungai Mata Allo yang eksotis. Tujuh spot foto yang bisa dieksplor di Buttu Macca ini. Seperti Perahu Tomanurung, Gerbang Cinta, Panggung Cinta, Ujung Jalan, Kupu-kupu, Pesawat, Bulan Sabit, dan lainnya.

3. Dante Pine

Dante Pine, wahana wisata ekstrem di Dusun Batu Rampun Kelurahan Tanete Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.  Dante Pine sendiri diambil dari bahasa lokal Enrekang yakni pekarangan atau halaman pinus.

4. Air Terjun Lewaja

Wisata Alam Air Terjun Lewaja berjarak kurang lebih 6 Km dari Pusat kota Enrekang dan Jika kita melewati arah timur kita bisa mendapatkan lokasi ini denganwatu tempuh kurang lebih 15 Menit, dan ketika anda telah sampai disini anda akan menikmati 2 sensasi alam yang sangat indah, yaitu air terjun lewaja sendiri dan permandian alami lewaja.

Dari keempat obyek wisata di Enrekang, bukan saja menarik perhatian wisatawan mancanegara. Sejumlah obyek itu, banyak dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai kota di Indonesi. Seperti yang dituturkan, Triyana Yuri bahwa obyek wisata di kabupaten Enrekang cukup dikenal dan viral dimedia sosial.

“Pengaruh media sosial, daya pikat obyek wisata di Enrekang, cukup menarik perhatian dari keluarga.  Makanya, dalam beberapa hari ke depan, kami berkelompok  berencaya mengunjungi obyek wisata di Enrekang tersebut,” kata Yuri, seorang ibu yang gemar traveling.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply