Daihatsu Gelar Kejuaraan Bulutungkis Nasional di Makassar

Spread the love

OTOMAKASSAR, MAKASSAR—Perusahaan otomotif terbesar, Daihatsu berkolaborasi dengan apparel bulu tangkis Astec menggelar turnamen bulu tangkis bertajuk Daihatsu Astec Open (DAO) 2017 Seri IV di Makassar di Gelanggang Olahraga (GOR) Da Fest ,12-16 Juli 2017.

Turnamen bulutangkis ini diikuti 737 peserta, jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 500-an orang. Mereka berasal dari 105 klub dari 17 kota di Indonesia. Peserta terbanyak dari Kalimantan, 80 orang. Antusiasme peserta kali ini di luar dugaan panitia pelaksana.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulsel, Devo Khadaffi mengklaim DAO Seri IV di Makassar kualitasnya jauh lebih bagus dibanding tahun lalu. Selain membludak, pesertanya juga tidak hanya dari Makassar dan kota-kota dari pulau Sulawesi.  “Pesertanya  juga banyak dari klub papan atas yang selama ini banyak mencetak pebulutangkis nasional. Diantaranya dari  Eksis (Jakarta), Jaya Raya (Jakarta), Rajawali (Tangerang) SGS (Bandung) Cakrawijaya,” jelas Devo di Makassar, Jumat pagi, 7 Juli 2017.

Begitu juga peserta pada kategori veteran. Tahun lalu pesertanya hanya 10 pasang, kali ini bertambah jadi 31 pasang. “Bahkan ada bebrapa mantan pemain nasional di Indonesia ikut ambil bagian di kejuaran ini,” tambah Ketua Panitia Pelaksana Atman Amir.

Turnamen ini mempertandingkan 17 kategori. Mulai usia dini, anak, pemula, remaja, taruna, dewasa dan veteran. “Seluruhnya terbagi atas tunggal dan ganda putra-putri.  Kecuali kelas dewasa dan veteran hanya mempertandingkan ganda putra,” timpal Humas PBSI, Michael Kiky.

Ajang pencarian bakat pebulutangkis ini diprakarasai perusahaan otomotof terbesar Daihatsu bekerjasama apparel bulutangkis Astec milik pasangan peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Alan Budikusuma dan Susy Susanti. Total hadiah yang disiapkan Rp 70 juta.

Selain di Makassar seri lainnya digelar di lima kota di Indonesia. Masing-masing Pekanbaru (Riau), Bandarlampung (Lampung), Balikpapan (Kaltim), Malang (Jatim) dan Semarang yang jadi tempat pelaksanaan terakhir babak penyisihan digelar pada 16-19 Agustus. Puncak kegiatan Daihatsu Astec Open 2017 akan mencapai klimaksnya di babak grand final di Jakarta pada 18-24 September.

Membludaknya peserta sampai 737 orang diakui Devo Khadaffi karena pelaksananya bertepatan dengan waktu libur sekolah. Panitia sampai harus menambah waktu pertandingan satu hari dari jadwal sebelumnya.

Devo berharap event ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pebulutangkis Sulsel untuk berprestasi. Tahun depan, Astec Open belum tentu digelar di Makassar. “Saya berharap dari 17 nomor, setengahnya bisa direbut oleh pebulutangkis Sulsel. Juara di ajang ini juga mendapat poin untuk peringkat nasional dan Sulsel” tegas Devo.

Selain mencari pebulu tangkis handal, pasangan Alan dan Susy juga akan melakukan coaching clinik terhadap peserta, khususnya pada kategori usia dini, anak-anak dan pemula yang diikuti 330 peserta. (sri syahril )

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply