Adi Rasyid Ali : Peduli Masyarakat Berbagi Sesama, Cukup Tinggi

Spread the love

OTOMAKASSAR.COM, MAKASSAR – Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Adi Rasyid Ali mengapresiasi tingginya kepedulian masyarakat Kota Makassar yang membantu masyarakat kurang mampu. Apalagi dimasa pandemi Covid-19, kepedulian sesama warga untuk saling membantu, sangat dibutuhkan.  “Tingkat kepedulian yang cukup tinggi dimasa pandemi Covid-19, cukup tinggi. Tak kecuali upaya yang dilakukan Komunitas Indahnya Berbagi, lewat program Jumat Berbagi Ramadhan,” kata Adi Rasyid Ali yang akrab disapa ARA, Jumat (15/5).

Adi Rasyid mengatakan, Covid-19 ini yang berdampak dikehidupan masyarakat terlebih masyakarat kurang mampu seperti fakir miskin dan kaum dhuafa. karenanya Adi Rasyid sangat bangga atas inisiatif sejumlah masyarakat yang secara inisiatif menggalang dana secara mandiri untuk membantu masyarakat kurang mampu. Dengan inisiatif seperti itu kata Adi Rasyid tergolong upaya masyarakat meringankan peran pemerintah untuk hadir ditengah masyarakat.

Puluhan panti asuhan serta ratusan fakir miskin dan pemulung menjadi target komunitas Indahnya Berbagi yang membagikan bekal buka puasa. Komunitas ini telah menjalankan programnya sudah dua tahun terakhir dan berbagi ke masyarakat kurang mampu ditiap pekan, khususnya hari Jumat.  “Kami hadir hanya setiap Jumat, makanya kami menyasar panti-panti yang betul-betul sangat laik untuk dibantu,” kamta Liliyana Djafri, Koordinator Komunitas Indahnya Berbagi.

Menurut Liliyana, lewat program Jumat Berbagi Ramadhan Komunitas Indahnya Berbagi ini telah membagikan paket buka puasa yang memasuki pekan keempat ini. Paket puasa yang dibagikan itu dibagikan ke sejumlah panti-panti yang ada disejumlah kecamatan Tamangapa, kecamatan Panakkukang dan kecamatan Rappocini.

Tiap pekannya kata Liliyana, komunitasnya membagi paket buka puasa berupa nasi dus yang jumlahnya 250-300 kotak yang dibagikan ke puluhan panti asuhan yang tersebar disejumlah panti asuhan se kota Makassar, kabupaten Maros dan Gowa. Untuk membiayai,komunitas inipun berinisiatif menghimpun dana secara mandiri lewat media sosial, whatsapp dan facebook.

Pekan kelima yang bertepatan pada tanggal 22 Mei 2020 atau 27 Ramadhan 1441 Hijriyah, rencananya akan kembali menggelar kegiatan Jumat Berbagi Ramadhan untuk kali terakhir selama Ramadhan. Namun kata Liliyana, Jumat Berbagi Ramadhan juga akan membagikan berupa masker dan cairan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu ditengah masa pandemi. “Ini bentuk peduli dan berharap masyarakat yang kurang mampu, juga dapat tetap menjaga kesehatan dari infeksi Covid-19,”harap Liliyana.

Usai lebaran idul fitri 1441 Hijriyah, selama 2 tahun menggelar program Berbagi Ramadhan, Komunitas Indahnya Berbagi telah memiliki anggota sebanyak seratus anggota yang tersebar disejumlah provinsi Sulteng, Kaltim, Kaltara, Jakarta dan Maluku Utara. Selain itu, saat ini Komunitas Indahnya Berbagi akan mengembangkan penyaluran sedekah dengan menggunakan etalase yang ditempatkan disejumlah masjid dan rumah sakit.

Anda ingin bergabung, dapat menghubungi Sdri Liliana Djafri 082346664041, Yusrin Yunus 082291232221.

Tags:

Leave a Reply