70 Persen PAD Sulsel Dari Sektor Otomotif

Spread the love

OTOMAKASSAR, MAKASSAR -Sektor otomotif memiliki kontribusi signifikan dalam perekonomian daerah Sulawesi Selatan, dimana faktanya 70% dari total pendapatan asli daerah (PAD) merupakan kontribusi dari sektor otomotif .Karenanya, Pemerintah Provinsi Sulsel memberi perhatian khusus kepada sektor otomotif.

“Pameran otomotif memberikan dampak signifikan dalam mendorong kinerja otomotif daerah ini dan akhirnya mendongkrak PAD,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, H.Ilyas Iskandar, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo pada acara pembukaan Pameran Otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar di Four Point by Sheraton, Makassar, Rabu (10/5/2017).

Pembangunan infrastruktur dan industri secara masif di Kawasan Timur Indonesia, paparnya, telah berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan per kapita daerah serta berimbas kepada pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor baik melalui pameran maupun showroom kendaraan bermotor.

Data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel menyebutkan PAD Sulsel periode 2016 sebesar Rp 3,079 triliun dan ditargetkan pada 2017 PAD Sulsel Rp 3,314 trilun. PAD terbesar diperoleh dari sektor otomotif, pajak kendaraan bermotor (PKB) senilai Rp 1,056 triliun dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) sebesar Rp 1.037 triliun.

Ketua III GAIKINDO yang sekaligus Ketua Penyelenggaraan Pameran GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah mengatakan sebagai pameran otomotif Internasional, hadirnya rangkaian GIIAS 2017 di daerah, memberi kesempatan luas kepada Agen Pemegang Merk (APM) serta para peserta pameran lainnya untuk berinteraksi dengan pelaku industri, pemerintah dan masyarakat lokal.

“Ajang pameran GIIAS, bisa menjadi bukti peran serta GAIKINDO untuk ikut dalam mengembangkan industri otomotif di kota-kota besar di luar Pulau Jawa.

“GIIAS 2017 adalah upaya GAIKINDO untuk membesarkan industri otomotif Indonesia baik di ibu kota maupun kota-kota besar lainnya, sekaligus mewujudkan tujuan investasi bagi industri otomotif ke depan,” kata Rizwan.

GIIAS Makassar Auto Show 2017 akan menampilkan lebih dari 35 peserta pameran mencakup di dalamnya brand-brand mobil ternama dari APM, yang masing-masing akan menampilkan berbagai produk dan teknologi terbaru mereka.

Beberapa brand otomotif ternama antara lain Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz Truck, Mitsubishi Motors, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung GIIAS Makassar.

 

 

Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Toyota Tampilkan 8 Unit Display di GIIAS Makassar 2017 - otojabar.com3 years ago

    […] PAMERAN OTOMOTIF GIIAS MAKASSAR 2017 RESMI DIBUKA […]

    Reply

Leave a Reply