Sulawesi dan KTI Jadi Mesin Pertumbuhan Penjualan Otomotif 2017

Spread the love

OTOMAKASSAR – Penjualan otomotif tahun ini diperkirakan tumbuh sekitar 6% dari perkiraan realisasi tahun 2016 sebesar 1,06 juta menjadi 1,1 juta unit.

“Ini target pertumbuhannya cukup konservatif, kalau optimistis bisa lebih dari itu,” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, dalam paparan proyeksi pasar otomotif 2017 bersama lembaga konsultan dan riset Frost & Sullivan di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Dari perkiraaan kenaikan nasional tersebut, Gaikindo melihat kenaikan signifikan akan didominasi di pasar luar Jawa, dengan kisaran 16%-22% yakni di Bali, Lombok, Indonesia Timur dan Sulawesi.

Sedangkan untuk pasar di Pulau Jawa, Gaikindo memperkirakan akan tumbuh hanya sebesar 8,6%.

Angka tersebut tidak terpaut jauh dari perkiraan Frost & Sullivan yang memprediksi pasar otomotif Indonesia akan mencapai 1,11 juta unit dengan pertumbuhan sekira 5%.

Gaikindo hingga saat ini belum merilis data lengkap total pasar otomotif tahun 2016, dan Kukuh hanya menyampaikan secara keseluruhan pasar domestik berada di kisaran 1,060 juta unit.

Pasar Ekspor

Sementara itu, untuk pasar ekspor, Gaikindo memperkirakan bakal bertumbuh sekitar 7% dari kisaran 201 ribu unit menjadi 224 ribu unit.

“Potensi untuk pasar ekspor tumbuh 7% dengan negara-negara tujuan ekspor masih didominasi Arab Saudi, Filipina, Bangladesh, Uni Emirat Arab dan Jepang,” kata Kukuh.(antaranews)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply